Mau Jadi Dropshipper? Ini Toko Belanja Grosir Online Terbaik

 Akhir-akhir ini banyak teman saya yang mencoba berniaga kecil-kecilan karena alasan pandemi. Memang tidak bisa dipungkiri, keadaan saat ini lebih memaksa kita untuk mencari alternatif pendapatan sampingan.

Baca Juga :

Ada yang beralih membuka jasa, ada pula yang belajar fokus untuk investor. Apalagi di zaman yang menuntut kita untuk melakukan segala seuatu hal secara online, membuat saya juga membayangkan bagaimana cara untuk menjalankan bisnis kecil-kecilan.

Jadi, setelah lama googling dan membaca sedikit demi sedikit akhirnya saya memutuskan untuk belajar mengenai reseller atau dropshipper. Salah satu pertimbangan yang membuat saya ingin mencoba hal itu karena relatif mudah dan tidak mengeluarkan tenaga ekstra.

Mau Jadi Dropshipper? Ini Toko Belanja Grosir Online Terbaik

Apa Itu Reseller Dan Dropship Dalam Online Shop

Reseller adalah singkatan dari re & sell, dimana artinya adalah menjual kembali. Dalam garis besar kita yang menjadi reseller adalah menjual produk yang dijual oleh pihak kedua. Transaksi perdagangan yang menguntungkan adalah pihak pertama & pihak kedua.

Pihak pertama (distributor / toko grosir) menjual produknya ke pihak kedua (penjual resmi). Pada posisi ini kita akan masuk sebagai pihak ketiga (reseller) karena menjual kembali produk yang ditawarkan oleh pihak kedua.

Sementara drophsipper adalah orang yang menjual kembali dari penjual utama. Loh bukannya sama? iyah memang sama, tapi yang membedakan dropship & reseller adalah penyetokan barang.

Maksudnya bagaimana?

Begini, reseller menjual kembali produk dari pihak kedua namun harus menyetok barang (keluar modal terlebih dahulu). Sedangkan dropship tidak perlu mengeluarkan sepeserpun untuk menyetok barang, karena nantinya barang yang akan dibeli calon konsumen kita akan di proses melalui penjual upline kita.

Yang dibutuhkan seorang dropshipper adalah gambar yang menarik untuk dipajang di marketplace ataupun media sosial dimana meraka menjajakan produknya. Perhatikan contoh gambar di bawah ini.

Mau Jadi Dropshipper? Ini Toko Belanja Grosir Online Terbaik
Struktur reseller & dropshipper

Jika melihat dari struktur tersebut saya rasa kita akan sepakat bahwa menjadi dropshipper lebih menguntungkan. Meskipun terlihat sepele tapi ada loh plus minusnya menjadi seorang dropshipper.

Keuntungan Menjadi Dropshipper

  1. Tidak perlu modal untuk stock barang, karena hanya membutuhkan waktu dan kuota untuk menjajakan barang secara teratur.
  2. Jam kerja yang fleksibel & bisa dilakukan dimana saja, termasuk sewaktu nongkrong di mall.
  3. Tidak perlu khawatir dengan proses produksi & pengiriman barang, karena akan diproses dari penjual (upline).
  4. Bermacam-macam produk bisa kita jual.
  5. Tidak perlu khawatir untuk menyiapkan biaya overhead, karena dropship tidak memerlukan stocking barang & lokasi penyimpanan.  

Kekurangan Menjadi Dropshipper

  1. Sulit mengetahui posisi stock produk / barang, karena menjadi dropshipper akan dituntut untuk selalu mengejar kabar dari supplier.
  2. Sistem pengiriman produk yang tidak terstruktur. Jika kamu ingin menjual berbagai produk maka kamu akan mempunyai banyak supplier. Seketika calon konsumen membeli produk yang kamu tawarkan, maka proses pengiriman produk dari satu supplier dengan supplier yang lain tentu akan sangat kompleks.
  3. Laba pendapatan yang sedikit.

Kurang lebih itulah plus-minus dari seorang dropshipper. Lalu setelahnya saya harus mencari supplier / distributor online yang terpercaya dan profesional. Dimana saya menemukannya? Tentu saja di Tokodistributor.

Tokodistributor, Pusat Grosir Online Termurah


Mau Jadi Dropshipper? Ini Toko Belanja Grosir Online Terbaik


Tokodistributor sendiri adalah platform digital yang berkonsep B2B (business to business) atau O2O (online to offline). Situs pusat grosir termurah dan terlengkap ini juga sudah berdiri sejak tahun 2017 yang lalu.

Kebayang dong bagaimana mereka menjadi e commerce grosir yang paling banyak dicari. Selain itu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelaku usaha adalah tanpa minimum order, kita bisa belanja sepuasnya.

Tidak sampai disana, Tokdis (singkatan dari Tokodistributor) juga menyediakan layanan untuk mendaftar sebagai supplier. Jadi jika kalian mempunyai kerabat atau teman yang berniaga secara offline, wajib kalian informasikan kepada mereka mengenai kabar baik ini.

Keuntungan menjadi supplier di Tokodistributor adalah membangun jaringan bisnis yang lebih luas secara online. Para reseller yang terdaftar di situs tokdis juga sudah sangat banyak, terlebih banyak tersedia variasi barang / produk yang bisa dicari seperti :

  • Sembako
  • Lauk-pauk
  • Sayuran & bumbu dapur
  • Elektronik
  • Fashion & aksesoris
  • Perlengkapan rumah tangga
  • Makanan & minuman
  • Keperluan ibu & anak
  • Buku & alat tulis

Metode pembayaran yang tersedia di Tokodistributor diantaranya melalui BCA, BNI & aplikasi e-wallet DANA. Menariknya disini kamu bisa membeli barang eceran namun dengan harga grosiran, that's why mereka menamakan situsnya Tokodistributor | Belanja Grosir Online Tanpa Minimum Order.

Logo dari Tokodistributor sendiri juga sangat unik, yakni semut. Menurut saya, logo tersebut seolah memberikan kita panduan bahwa dengan membesarkan jaringan ini bersama-sama, dampaknya bukan hanya kepada penyedia layanan distributor melainkan semua pihak yang terikat di dalamnya.

Jadi tunggu apalagi? Ayo gabung dengan jaringan Tokodistributor dan menjadi partner dari supplier toko online terpercaya lainnya.

Hubungi Tokodistributor di
Email : support@tokodistributor.com
Whatsapp : 0831-3997-4765
Call center : (021) 2257 1770
#socialcommerce #blogcompetition #tokodistributor

Kesimpulan

Melakukan praktik dropship atau reseller dizaman ini memang tergolong sangat bagus. Mengingat daya jual-beli di Indonesia juga cukup stabil, namun tetap harus memperhatikan kualitas daripada supplier.

Bergabung dengan jaringan distributor terstruktur dan besar seperti Tokodistributor, juga merupakan langkah tepat bila ingin memulai suatu usaha atau melebarkannya.

Jika kamu adalah seorang pembaca (supplier) maka membangun jaringan besar haruslah amanah agar reseller juga mampu membesarkan nama kamu.

Sekian pembahasan mengenai Dropshipper & Toko Belanja Grosir Online, Salam sukses buat kita semua.

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Kok harganya lebih mahal daripada marketplace yg disebelah yah gan??? Heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya? mungkin ada beberapa supplier yang memang menjual mahal gan, tapi banyak kok supplier yang kasih harga murah, coba searching lagi ya gan, hehe. Thank you sudah visit

      Hapus
  2. Kok kebanyakan Jabodetabek gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, soalnya memang head officenya di jakarta gan. Tapi mereka tetap melayani seluruh Indonesia kok gan, kalem. hehe

      Hapus
  3. Untk kualitas brgnya gmn gan, dan apakah dropshipper in bisa diprcy, sebab sdh terlalu bnyk tindak penipuan yg beratas nm kan dropshipper seperti in?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau seperti itu yang disalahkan si supplier gan, memang ada supplier yang kurang ajar untuk melakukan penipuan. Tapi bukan berarti kita bisa langsung menghukum semua supplier itu penipu. Mungkin agan bisa mencoba menjadi reseller dari tokodistributor. Salam.

      Hapus
  4. Wah ajib sob, baru kemaren saya beli jam tangan murah dari sana. Bukan untuk dijual sih , tp lumayan lah dapat yg murah + berkualitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantab sis, bantu share artikel ini ya biar banyak yang tahu.

      Hapus