5 Whisky Terbaik, Minuman Pembangkit Mood 2021

Whisky atau wiski merupakan minuman keras yang sangat disukai oleh orang Indonesia. Cita rasanya yang menggugah lidah karena rasa kuat dari alkohol fermentasi, menjadikan whisky sebagai minuman alternatif yang banyak digunakan untuk nongkrong.

Sedikit berbagi informasi, Whisky adalah minuman beralkohol dari fermentasi biji-bijian yang terdiri dari gandum, gandum hitam, jagung & barli. Kemudian disuling dan disimpan ke dalam tong barrel kayu (oak) dengan alkohol di bawah 43%.

Baca juga :

Sejauh ini hanya 4 negara besar yang diakui sebagai penghasil whisky terbaik di dunia. Ingin tahu? Yuk simak di bawah ini.

5 Whisky Terbaik, Minuman Pembangkit Mood 2021

Jenis-Jenis Whisky

Melansir dari Yoga Bartender,whiski terbagi atas 4 jenis yakni :

  1. Skotlandia (Scotland) : dari pengolahannya biasanya terbagi dari 2 jenis yakni regular & premium. Dimana regular dalam proses penyimpanannya hanya berlangsung selama 2 tahun, dan premium adalah di atas 12 tahun. 

    Selain itu terdapat pula 2 jenis dari bahan yang digunakan untuk mengolah whiski ini diantaranya
    - Straight Scotch whisky adalah minuman yang diolah dari bahan grain barli 100% atau yang disebut dengan pure whisky.
    - Blended Scotch whisky adalah minuman yang terdiri dari 51% barli dan campuran grain lainnya seperti oat, jagung  atau gandum sebanyak 49%.

  2. Amerika (USA) : dikenal dengan sebutan bourbon whisky karena jenis pengolahannya berasal dari jagung sebesar 51% dan 49% dari bahan lainnya. Whisky amerika terbagi atas 2 jenis pengolahan yakni Tennese & Kentucky.

  3. Kanada (Canada) : pengolahan whisky asal kanada terdiri dari 51% gandum hitam (Rye). Jenis whisky yang satu ini kurang diminati oleh pasar Indonesia.

  4. Irlandia : pengolahan irish whisky sama dengan scotch whisky dimana bahan utamanya adalah grain barli. Namun, yang menjadi pembeda adalah irish whisky lebih sering digunakan untuk campuran kopi.

Nah, terkadang orang Indonesia masih sulit membedakan mana whisky mana vodka. Mungkin bagi sebagian orang yang penting bisa mabuk dan aromanya kuat, tidak begitu juga ya guys cara mainnya.

Yuk simak perbedaan whisky dan vodka di bawah ini.

  • Bahan dasar :

    Whisky terbuat dari bahan dasar biji-bijian grain sedangkan Vodka terbuat dari bahan dasar kentang

  • Warna :

    Whisky berwarna kuning kecoklatan & terkadang menggunakan pewarna untuk lebih gelap sedangkan Vodka berwarna kuning bening

  • Lama Penyimpanan :

    Whisky disimpan untuk jangka waktu tercepat 2 tahun , dan bisa lebih lama hingga puluhan tahun. Sedangkan Vodka tidak memiliki jangka waktu penyimpanan sehingga membuat warnanya cenderung lebih bening.

  • Aroma :

    Whisky yang disimpan begitu lama, tentu akan memiliki aroma yang berbeda-beda seperti sitrun, sherry dan berbagai rempah-rempah. Sedang Vodka tidak memiliki aroma khusus karena tidak disimpan dalam jangka waktu yang ditentukan, sehingga membuat vodka hanya menyisakan aroma alkohol yang sangat kasar.

Cara Meminum Whisky

Bagi orang Indonesia, meminum whisky tanpa campuran es ataupun campuran lain seperti soda atau air putih merupakan cara minum yang sangat terhormat.

Tetapi menurut Keith Nair seorang brand ambassador produk Macallan mengatakan, jika meminum whisky tanpa menggunakan campuran es kurang tepat mengingat Indonesia adalah Negara dengan iklim tropis.

Whisky tanpa campuran harus diminum di tempat yang dingin, sebab whisky yang mengandung alkohol setinggi 30% ke atas diketahui akan membuat tubuh terasa panas.

Selain itu menurut Nair, whisky yang dicampur dengan air atau es tidak akan merubah rasa dari whisky tersebut. Melainkan hanya merubah sedikit kekuatannya saja.

Untuk penikmat whisky pemula atau yang baru ingin mencoba, Nair menyarankan agar meminum whisky tanpa campuran agar memperkenalkan terlebih dahulu rasa sesungguhnya dari whisky ke palet lidah.


5 Merek Whisky Terbaik 

Meskipun whiskey banyak mereknya, banyak juga varian rasanya, tetapi berikut adalah 5 merek whisky terbaik versi kami.

5. Jack Daniel's Tennese Honey

5 Whisky Terbaik, Minuman Pembangkit Mood 2021
Photo Source : pinterest.com

Sesuai yang kami informasikan, whisky terbaik dinikmati bersama dengan sebutir es. Namun untuk whisky yang satu ini sangat direkomendasikan jika diminum sedingin mungkin. Rasa dari madunya akan sangat menyerap.

Menurut thespruceeats.com, Jack D honey ini akan lebih nikmat jika dicampur dengan jahe ataupun sesendok cola.

Harga 2021 : ± Rp. 670,000 s/d Rp. 720,000


4. Chivas Regal Mizunara

5 Whisky Terbaik, Minuman Pembangkit Mood 2021
Photo Source : Greatdrams.tumbrl.com


Whisky yang satu ini adalah persilangan seni Scotch whisky dan budaya tradisional jepang. Rasanya yang begitu halus menjadikannya sebagai whisky favorit di eropa.

Menurut voting dari whiskybase.com, 129 orang dari 133 peserta memberikan nilai di atas 8.0 untuk whisky satu ini.

Harga 2021 : ± Rp. 830,000 s/d Rp. 920,000


3. Johnnie Walker Blue Label

5 Whisky Terbaik, Minuman Pembangkit Mood 2021
Source Photo : lifestyleasia.com


Whisky ini bisa dikatakan sebagai whisky yang paling banyak seriesnya dan sangat banyak fansnya di INDONESIA. Dimulai dari Red Label, Black Label, Double Black, Green Label, Gold Label, Platinum Label & terakhir yang menduduki singgasana tertinggi adalah Blue Label.

Aroma dari Blue Label sangat terasa seperti cola, coklat pahit, biji kopi panggang, gula merah & sedikit asap tembakau. Selain itu rasanya ketika dilidah sangat terasa lembut, mewa & sedikit terasa gumpalan asap kabut.

Harga 2021 : ± Rp. 3,000,000 s/d Rp. 3,750,000

2. Martell Cordon Bleu

5 Whisky Terbaik, Minuman Pembangkit Mood 2021
Photo Source : Yorgo.co


Martell cordon blue adalah whisky yang sudah sangat terkenal di daratan eropa hingga berbagai penjuru dunia.Bukan tanpa sebab, konsistensi whisky yang satu ini sudah dimulai sejak 3 abad yang lalu. Citarasa yang begitu harum, mengandung berbagai bahan alami seperti kayu manis, buah plum, bubuk kopi, marzipan & beberapa manisan buah yang mengesankan & berimbang.

Harga 2021 : ± Rp. 4,980,000 s/d Rp. 5,500,000


1. Macallan Estate Reserve

5 Whisky Terbaik, Minuman Pembangkit Mood 2021
Photo Source : Goodfon.com


Whisky yang satu ini jelasnya adalah whisky pilihan papan atas. Aromanya kental dengan kayu manis, mentega dan rempah-rempah lainnya. Disimpan dari barrel oak pilihan, menjadikan whiky ini memiliki rasa yang perfeksionis di palet lidah.

Bahkan dari situs whiskybase, whisky ini memiliki tingkat rating 8.8 / 10.

Harga 2021 : ± Rp. 5,500,000 s/d Rp. 5,600,000


Sumber Referensi :

Posting Komentar

0 Komentar