Mengonsumsi Whisky : Manfaat & Sisi Negatifnya!

 Alex Sierra - Di zaman yang begitu modern, whisky banyak dijumpai di tempat tongkrongan anak muda. Namun siapa sangka, sampai sekarang masih menyisakan pro & kontra mengenai manfaat dan sisi negatif yang dihasilkan.

Mengonsumsi Whisky : Manfaat & Sisi Negatifnya!


10 Manfaat Mengkonsumi Whisky

Meskipun pada umumnya orang indonesia menganggap minuman beralkohol sangat berbahaya bagi kesehatan, ternyata Whisky menyimpan berbagai manfaat positif, simak di bawah ini.

1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Menurut salah satu riset dari sekolah tinggi Harvard di amerika, segelas whisky dalam sehari mampu menurunkan risko penyakit jantung dan gagal jantung.

2. Memerangi Kanker

Meskipun whisky mengandung asam ellagic (antioksidan fenol alami dari buah dan sayuran) yang baik untuk menyerap sel-sel jahat seperti sel kanker, bukan berarti dapat dipergunakan sebagai satu-satunya metode dalam menyembuhkan penyakit mematikan tersebut.

3. Membantu Mengurangi Berat Badan

Oxford University melakukan riset melalui "asupan alkohol dalam keterkaitan diet untuk wanita & pria", menemukan fakta bahwa whisky dapat membantu mengurangi berat badan yang signifikan.

4. Meredakan stress

Gambarannya, beralkohol setelah melewati hari-hari yang melelahkan dalam ruang lingkup keluarga, pekerjaan & lingkungan merupakan orang yang stress berat. Namun, tahukah anda? jika alkohol terkenal dalam menenangkan saraf yang tegang.

5. Menguragi Resiko Diabetes

Secangkir whisky dengan takaran yang sedang memiliki khasiat untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengontrol insulin dan kadar glukosa. Hal itu tertuang dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh A. Pietraszek, S. Gregersen, K. Hermansen dalam jurnal "a review of alcohol and type 2 diabetes".


6. Membantu Menangkal Demensia

Dementia atau yang dikenal dengan demensia adalah sebuah penyakit yang mengakibatkan daya ingat atau cara berfikir menjadi lelet. 

Sebuah penelitian pada tahun 2003 menunjukan dimana sehari segelas whisky dapat menurunkan resiko terkena demensia.

7. Meredakan Flu

Whisky dapat meredakan flu? Tidak, whisky hanya membantu melebarkan pembuluh darah agar selaput lendir dapat melawan infeksi. Jadi tidak perlu sungkan untuk segelas whisky dicampur madu dan lemon.

8. Melancarkan pencernaan

Pernah merasakan perut seperti bergemuruh ketika selesai makan? itu tandanya kontraksi usus akan sangat bekerja keras untuk meremas makanan tadi. Nah, secangkir whisky setelah makan akan membantu merangsang enzim usus secara cepat dalam proses peristaltik tersebut.

9. Mengatasi Pembekuan Darah

Ketika anda cedera, maka darah-darah akibat luka itu biasanya akan menggumpal untuk menghentikan pendarahan. Akan tetapi, jika penggumpalan darah terjadi pada daerah vital seperti Jantung, paru-paru atau otak, tentu akan menjadi suatu bencana.

Melalui penelitian Alfred A De Lorimier yang berjudul "Alkohol, Wine & Kesehatan" pada tahun 2000 yang lalu, menunjukan jika whisky adalah pengencer darah alami & membantu mengurangi resiko pembekuan darah.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat asam ellagic yang terdapat pada whisky adalah mencegah infeksi virus dan infeksi bakteri. Jadi ringkasnya, mengonsumsi whisky dalam kadar yang teratur dan tidak berlebih akan membuat tubuh lebih kuat dari penyakit.

Mengonsumsi Whisky : Manfaat & Sisi Negatifnya!
Ilustrasi mabuk karena alkohol, sumber : pexels.com

Efek Negatif Whisky

Seperti yang kita tahu, whisky merupakan minuman dengan kadar alkohol (berkisar 40%) lebih tinggi daripada wine & beer (sekitar 8-13%).

Kendati memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, namun jika mengaplikasikan secara berlebih akan berdampak buruk bagi tubuh. Berikut beberapa efek buruk akibat whisky :

Efek Jangka Pendek

  1. sakit kepala atau pusing
  2. diare
  3. muntah
  4. melantur
  5. mengantuk
  6. blackout (hilang ingatan sementara)
  7. resiko tak sengaja, misal : kecelakaan.
  8. resiko disengaja, misal : pelecehan seksual, kekerasan dalam rumah tangga.

Efek Jangka Panjang

  1. tekanan darah tinggi
  2. kerusakan saraf
  3. penyakit jantung & gagal jantung
  4. pembengkakan dinding lambung
  5. pembengkakan pankreas
  6. kanker mulut hingga tenggorokan
  7. disfungi seksual
  8. kerusakan otak secara permanen


KESIMPULAN

Sadar ataupun tidak, mengonsumsi sesuatu berlebihan tentu tidak baik. Bukan hanya whisky, bahkan pola makan sehari-hari apabila berlebihan malah akan memperburuk fungsi kesehatan bagi tubuh.

Jika hanya untuk berkumpul sembari menghangatkan suasana, mengonsumsi alkohol merupakan sarana terbaik. Namun perlu diingat, sesuai kadarnya saja dan jangan sampai bergantungan pada alkohol.

Sekian artikel mengenai Mengonsumsi Whisky : Manfaat & Sisi Negatifnya!

Semoga memberikan manfaat & jika dirasa artikel ini bisa membantu, yuk jangan sungkan untuk tekan tombol share.

Regard's, Alex Sierra.


Referensi Artikel: https://whiskyloot.com

Referensi Pendukung :

  • https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/healthy-drinks/drinks-to-consume-in-moderation/alcohol-full-story/
  • https://academic.oup.com/ajcn/article-abstract/54/1/49/4691076
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0939475310001067
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12636463/
  • https://superyou.co.id

Posting Komentar

0 Komentar