Penyakit Ginjal | Makanan Penyebab Gagal Ginjal

Penyakit Ginjal memang sebuah momok yang ditakuti oleh semua orang, terlebih Ginjal merupakan sebuah organ penting dalam tubuh. Ginjal berperan penting dalam menyaring darah, membuang kotoran hasil metabolisme hingga mengontrol tekanan darah.

 Makanan Penyebab Penyakit ginjal


Ciri-ciri awal penyakit ginjal

Banyak orang berspekulasi bahwa gagal ginjal bukanlah penyakit berat yang patut dikhawatirkan. Padahal, fungi ginjal tergolong sangat penting bagi kesehatan tubuh. 

Dilansir dari Hellosehat, Manusia pada awalnya memiliki dua buah ginjal, namun bila salah satunya telah rusak akan sangat mempengaruhi fungsi tubuh secara keseluruhan.

Artikel Terkait : Konsumsi Buah Plum untuk menurunkan Berat Badan sangat Direkomendasikan

Bila sampai kedua ginjal sudah rusak, maka anda sudah harus wajib mengikuti cuci darah secara rutin. Nah, sebelum sampai rusak, kenali dahulu yuk ciri-cirinya.
  1. Warna Urine Menjadi Lebih Keruh
  2. Tubuh Mudah Lelah
  3. Tungkai tangan atau Kaki dapat membengkak
  4. Gatal-gatal & ruam kemerahan
  5. Mual berlebihan
  6. Pernafasan terganggu
  7. Sakit Pinggang
  8. Daya ingat menjadi Lemah

Makanan yang dapat menyebabkan gagal ginjal

Ketika seseorang menderita gagal ginjal, maka fungsi-fungsi tubuh lainnya juga akan terganggu. Hal tersebut tentu sangat mengganggu bukan? Bukan hanya bawaan metabolisme, namun gagal ginjal dapat terjadi karena gaya hidup dan makanan yang anda konsumsi. Untuk itu, segera batasi makanan yang dapat membuat ginjal anda menjadi rusak.

1. Makanan Tinggi Natrium (Asin Garam)


Tubuh manusia sejatinya hanya direkomendasikan dengan 1800 mg sodium setiap harinya. Jadi, ketika anda memaksakan ginjal dengan mengkonsumsi garam terlalu banyak, jelas hal ini sangat tidak baik.

1800 mg tersebut setara dengan 1,5 sendok teh saja, Untuk itu anda harus memastikan bahwa ginjal anda selalu sehat dengan tidak memaksakan kinerja ginjal. Beberapa makanan berjenis tinggi sodium yang perlu anda garis bawahi adalah Ikan asin, Sosis & Makanan olahan lainnya.

2. Makanan Dengan Protein Yang Berlebihan


Meskipun protein dibutuhkan oleh tubuh, namun ada juga hal yang bersebrangan dalam bentuk kesehatan organ tubuh lainnya. Protein yang berlebihan akan membuat ginjal bekerja ekstra untuk membuang zat sisa yang dihasilkan.

Beberapa makanan yang diindikasikan sebagai makanan berprotein tinggi adalah daging, kacang-kacangan, susu olahan & ikan. Hindari makanan yang berlebihan seperti ini & anda bisa menggunakan terapi jus untuk gagal ginjal.

3. Makanan Tinggi Gula


Bukan hanya diabetes, mengkonsumsi makanan dengan asupan gula yang tinggi ternyata dapat menghancurkan sistem ginjal dengan cepat. Komplikasi pada ginjal yang disebut dengan nefropati diabetik inilah yang sangat ditakuti oleh banyak orang.

Contoh menu sehari penyakit ginjal yang sering kita temui adalah permen coklat, es krim coklat, sereal hingga kecap manis. Sebisa mungkin, hindari makanan / bahan makanan di atas agar ginjal selalu sehat. 

Posting Komentar

0 Komentar