Sudah Saatnya Membuka Mata Tentang Peluang Usaha Online

Sudah Saatnya Membuka Mata Tentang Peluang Usaha Online

 Imlek telah lewat, sudah saatnya mencari uang yang hilang dalam angpao hehehe. Agak sedikit membingungkan karena saat ini harus menghadapi pandemi yang mengakibatkan roda ekonomi nasional sedikit sulit untuk bergerak.

Namun bukan berarti kita harus berdiam diri & menunggu hingga semuanya akan normal. Karena sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, bahwa kita harus hidup berdampingan dengan Covid-19.


Berdampingan yang dimaksud adalah menyesuaikan diri, bukanlah menyerah dari pandemi Covid-19. Satu-satunya cara bertahan hidup dengan menyesuaikan diri atau hidup berdampingan dengan tuan corona tersebut adalah dengan melihat peluang usaha secara online.

Panduan Memulai Usaha Online

Usaha online bukanlah hal baru di tahun 2021 ini, hanya saja kita memang dipaksakan untuk melek dengan peluang yang satu ini. Karena selain pandemi kita juga dihimpit oleh zaman yang semakin berubah.

Apakah usaha online adalah satu-satunya cara untuk bertahan hidup di era globalisasi ini? Secara pribadi saya pasti akan menjawab iya. Bukan tanpa sebab, zaman yang serba online ini memang harus kita ikuti atau kita akan tertinggal jauh di belakang.

Sebut saja awal mula beroperasinya ojek online di Indonesia, bagaimana tanggapan masyarakat secara keseluruhan? bukankah itu sangat efektif membantu para pelaku usaha ataupun konsumen?

Dari sinilah saya menganggap bahwa masyarakat kita telah mulai membuka mata dan pikiran mengenai prospektifnya usaha online untuk kehidupan yang lebih efisien.

Nah sekarang bagaimana cara memulai usaha online tersebut? Sebelum memulai ada langkah-langkah maupun jenis-jenis usaha yang harus kita ketahui terlebih dahulu.

Langkah-Langkah Memulai Usaha Online

Untuk memulai panduan ini kita harus mengetahui jenis-jenis dari usaha online tersebut. Menurut saya, jenis usaha online hanya ada 2 yakni :

  1. Usaha Jasa Online
  2. Usaha Menjual Produk Online

Jika kamu sering googling mengenai jenis-jenis usaha online saya yakin kamu akan mendapati list yang banyak entah itu 6 sampai 10. Tapi kenapa saya hanya menyebut jenisnya ada 2 saja? Mari kita bagi di bawah ini.

  • Usaha Jasa Online
    * Jasa pengisian pulsa/token listrik secara online
    * Jasa SEO
    * Jasa designer website / wallpaper website
    * Jasa endorse
    * Jasa pengetikan artikel
    * Jasa penerjemah
    * Jasa mengelola sosial media
    * Dll.

  • Usaha Menjual Produk Online
    * Menjadi reseller
    * Menjadi dropshipper

Jadi secara garis besar peluang usaha online bagi saya hanya ada dua. Lantas kamu pilih yang mana?  kalau saya sudah jelas menjual jasa, karena memang saya telah menjalani usaha online ini dalam bidang jasa designer untuk sosial media ataupun tampilan website.

Jika kalian lebih tertarik menjadi reseller ataupun dropshipper, kalian bisa membaca artikel saya di : Mau Jadi Dropshipper? Ini Toko Belanja Grosir Online Terbaik.

Dengan kecintaan saya terhadap photoshop, saya merubahnya menjadi sebuah peluang untuk mendapatkan cuan dari jasa design tersebut. Lalu bagaimana cara memulainya?

1. Tentukan Model Usaha Online Yang Ingin Digeluti

Seperti yang saya sampaikan di atas tadi, dua jenis usaha online tersebut harus kalian pilih salah satu, atau bisa kalian jalankan kedua-duanya. Baik itu versi jasa ataupun versi jualan produk haruslah kalian pilih secara matang, agar mindset untuk berkembang selalu tertanam dalam benak.

Salah satu kunci kesuksesan adalah konsistensi & dedikasi. Maka dari itu sekali kamu mengambil jalan A maka kamu harus ekstra kerja keras untuk berkembang di jalan tersebut.

2. Tentukan Target Pasar Dari Usaha Online Kamu

Mau itu usaha online ataupun usaha dalam bentuk fisik, tentu kita harus memiliki strategi marketing. Salah satu ilmu dasar marketing adalah menentukan target market dari usaha tersebut.

Contoh kamu adalah orang yang ingin menjalankan usaha online dengan berjualan produk. Katakanlah produk kamu adalah pakaian, tentu kamu harus menentukan pakaian jenis apa dan untuk konsumen dengan umur berapa.

Bukan hanya untuk umur, kamu juga harus menciptakan strategi marketing untuk kesesuaian produk & harga untuk pasar yang kamu lirik. Apakah nantinya produk tersebut terlalu mahal atau terlalu murah untuk pasar yang kamu targetkan.

Tanpa perencanaan target pasar, kamu akan seperti berjalan dalam kegelapan. Kamu memang terasa berjalan namun tidak tahu harus lurus atau belok ke arah lainnya.

3. Riset Harga Dari Kompetitor

Baik jasa ataupun produk, kita selalu harus meriset harga, kualitas & jangkauan dari kompetitor. Contohnya seperti saya yang menggunakan jasa designer sebagai wadah usaha online.

Saya selalu meriset harga dari toko sebelah untuk mendapatkan pelanggan. Meskipun agak nakal namun beginilah cara saya meriset harga dari kompetitor.

Saya harus berpura-pura untuk menjadi calon konsumen dari toko sebelah tersebut, katakanlah saya butuh jasa mereka untuk mendesign logo. Kompetitor pastinya akan menunjukan portofolio dari pekerjaan mereka dan menerapkan harga.

Jika dirasa toko sebelah mempunyai kualitas pekerjaan yang bagus dan harga yang tinggi, maka saya telah mendapatkan gambaran tentang bayaran saya kelak. Ataupun jika merasa toko sebelah menerapkan harga murah dengan kualitas yang baik, maka saya hanya perlu mencari alternatif lainnya seperti menerapkan diskon atau rumus beli 1 gratis 1.

4. Bangun Sosial Media & Website Untuk Portofolio / Katalog Produk

Tentu saja kamu harus memiliki sosial media untuk menunjukan profesionalisme dalam menjalankan usaha online tersebut. Sudah menjadi sorotan umum jika platform media sosial seperti Facebook maupun Instagram telah menjadi sarana untuk berjualan produk secara online.

Selain sosial media, memiliki website untuk produk atau portofolio merupakan nilai tambah agar harga jual jasa ataupun produk dapat meningkat. Tapi bagaimana cara membangun sebuah website? Jika kamu tidak paham atau tidak sanggup membangun website, tenang dan serahkan kepada Exabytes Indonesia.

Grup Perusahaan Exabytes adalah sebuah perusahaan penyedia layanan Cloud terkemuka di Asia. Dengan prinsip membantu UMKM dan menumbuhkan usaha online selama 20 tahun (Didirikan pada tahun 2001) Exabytes telah melayani lebih dari 140 ribu pelanggan.

"Jadi maksudnya saya hanya perlu mengeluarkan biaya yang murah, tetapi bisa mendapatkan sebuah website sederhana & kelihatan profesional?

Benar sekali, kamu cukup menghubungi Exabytes Indonesia & mereka akan membantu kamu Membuat Website seperti yang kamu inginkan.

"Apakah harganya mahal?

Tentu tidak, yuk lihat statistik harga di bawah ini.

Sudah Saatnya Membuka Mata Tentang Peluang Usaha Online

Cukup murah bukan? hanya dengan 70 ribu rupiah per bulan, untuk bisnis yang memang sedang kamu kembangkan sangatlah worth it. Selain itu Pihak exabytes juga menyediakan layanan penuh selama 24 jam dalam 1 minggu.

Jadi kapan jam,  menit bahkan detik, mereka selalu stand by bilamana kita membutuhkan bantuan mereka.

Kontak Exabytes Indonesia

Whatsapp : +62 8111557122
Email : support@exabytes.co.id
Telepon : +6221 80625578
Livechat : www.exabytes.co.id

Selain mendapatkan harga yang murah, kamu juga bisa mengikuti program afiliasi / referral. Dengan kata lain, ketika kamu mengajak teman atau relasi untuk turut menggunakan Exabytes sebagai layanan penyedia hosting dan domain maka kamu akan mendapat komisi.

"Wow, serius? dapat komisinya besar tidak? berapa?"

Penasaran kan? nih saya rangkum harganya di bawah ini.

Sudah Saatnya Membuka Mata Tentang Peluang Usaha Online

Bagaimana? lebih dari cukup bukan?

Asumsikan jika kamu mampu mengajak teman untuk membeli hosting Ebiz Lite dengan kisaran harga 300 ribu rupiah /tahun. Maka hasil komisi kamu sudah mampu membeli paket Ebiz 12 plus, secara cuma-cuma.

Saya berani jamin bahwa ini adalah Program Afiliasi Terbaik.

Kesimpulan

Sudah Saatnya Membuka Mata Tentang Peluang Usaha Online
Sumber : kumparan

Pada tahun 2019-2020, lonjakan pengguna internet di Indonesia naik hingga 196.7 juta atau setara dengan 73,7% dari total populasi Indonesia. Dengan adanya kenaikan yang signifikan tersebut, sepertinya menunjukan kepada kita bahwa saat ini dunia telah bergeser melalui teknologi dengan cepat.

Maka dari itu kita harus selalu belajar dan belajar terkait perkembangan teknologi saat ini. Semoga informasi yang saya rangkum di atas dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat.

Akhir kata buat teman-teman yang membaca artikel ini, saya doakan kita semua sukses ya, amin.

Best Regard's
Alex Sierra

Posting Komentar

0 Komentar