Magic Call - Layanan Kece Pengubah Suara Saat Telepon

 Alex Sierra - Mengubah suara saat melakukan panggilan telepon merupakan aktifitas yang sangat menyenangkan, apalagi kalau dipakai untuk menjahili teman. Tahun 2008-2009 merupakan tahun emasnya teknologi mengalami lonjakan yang signifikan.

Secara pribadi, saya yang merupakan anak kelahiran 90'an adalah satu dari ratusan juta anak yang terlahir beruntung. Mengapa? karena kami lahir ditengah-tengah masa teknologi canggih lahir dan masa teknologi canggih berkembang.


Magic Call - Layanan Kece Pengubah Suara Saat Telepon


Layanan Pengubah Suara Tekomsel Magic Call

Magic Call adalah sebuah layanan yang disediakan telkomsel untuk membuat suara kita berubah ketika melakukan panggilan telepon. Di zaman sekarang, mungkin kita tidak akan lagi tertarik dengan hal-hal beginian.

Padahal dizamannya, mengubah suara untuk menjahili teman merupakan kegiatan yang asik. Meskipun tergolong asik, namun tidak sedikit juga loh pengubah suara ini dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Misalnya dengan modus "papa minta pulsa" atau "aku sedang di tahan polisi".

Maksudnya bagaimana tuh?

Ini kejadian benar adanya. Karena korban adalah orang yang saya kenal, begini ceritanya.

Pada suatu malam, seorang wanita renta (ibunya teman saya, sebut saja ibu mawar) sedang menonton acara tv kesukaannya. Tiba-tiba dering telfon berbunyi dan sontak ibu mawar mengangkat teleponnya.

Begini kira-kira isi percakapannya :

Ibu Mawar : Halo, ini siapa ya?

Tersangka : kami dari Polres Bla-bla-bla, telah menahan anak ibu karena anak ibu kedapatan membawa narkoba jenis sabu-sabu. Saat ini anak ibu baik-baik saja, namun kami akan melepaskan anak ibu jika anda mengirim uang jaminan sebesar 5 juta rupiah ke rekening yang kami berikan nantinya.

Ibu Mawar : ha? kok bisa pak, sekarang posisi bapak dimana.

Tersangka : kami sedang berada di kantor, namun ibu tidak perlu hadir. Kalau ibu hadir sekarang masalah akan semakin runyam dan sudah dipastikan akan ditempuh ke jalur hukum yakni melalui pengadilan.

Ibu Mawar : anak saya nggak mungkin pakai narkoba pak, bapak jangan ngomong sembarangan.

Tersangka : kami hanya menyampaikan informasi ini agar ibu juga tidak kesulitan nantinya, jika ibu mau anak ibu segera dilepaskan, harap transfer ke rekening berikut ...

Tak menunggu lama telepon tersebut langsung dimatikan ibu mawar karena merasa ada yang janggal. Ketika teman saya pulang ke rumah, ibunya lantas menceritakan apa yang terjadi. Teman saya mendengarkan dengan seksama dan berusaha menenagkan ibunya.

Entah darimana tersangka bisa mendapatkan nomor ibunya saat itu, namun ketika ditanya kira-kira suara yang menelepon apakah ibunya mengenalinya. Ibunya hanya menjawab kalau suaranya itu sangat berat seperti suara yang diblur di acara-acara tv. 

Dari sini kita tahu bahwa pelaku menggunakan cara menyamarkan suara agar tidak ada yang bisa tanda dengan suara asli orang tersebut.

Nah, meskipun banyak kejadian penipuan seperti ini bukan berarti kita lantas tidak perlu mengetahuinya. Kita wajib mengetahui hal kecil seperti ini untuk dijadikan pelajaran agar kelak kita mempunyai pengalaman untuk menghadapinya.

Cara Mengubah Suara Melalui Magic Call

  1. Aktifasi terlebih dahulu melalui kode *500*33#
  2. Setelah aktifasi, kita akan mendapatkan notifikasi jika telah sukses berlangganan.
  3. Untuk memulai panggilan, kita harus menekan 282+nomor tujuan.
  4. Kita akan mendapatkan instruksi untuk memilih jenis suara yang akan digunakan
  5. Setelah itu kita akan langsung terhubung dengan panggilan ke nomor tujuan.

Catatan : nomor yang kita gunakan akan tetap tampil seperti biasanya di layar penerima panggilan. Jenis layanan ini hanya merubah suara kita saja.

Berapa Jenis Suara Yang Tersedia? 

Sejauh ini hanya tersedia 4 jenis suara yakni :

  • Suara raja dengan nada yang berat.
  • Suara kartun atau yang biasa kita kenal dengan chipmunks.
  • Suara anak-anak.
  • Suara wanita.

Bagaimana Cara Memilih Suaranya? Dan Bagaimana Cara Menghentikannya?

ketika kita mulai melakukan panggilan 282+nomor tujuan, kita akan diminta memilih jenis suara, kita hanya perlu menekan angka 1,2,3,4 sesuai dengan instruksi yang diberikan. Untuk mengembalikan suara kita seperti semula, kita cukup menekan angka 0.

Berapa Tarif Untuk Menggunakan Magic Call?

  1. Untuk berlangganan 1 hari : Rp. 550 (pemakaian unlimited)
  2. Untuk berlangganan 3 hari : Rp. 1,100 (pemakaian unlimited)
  3. Untuk berlangganan 7 hari : Rp. 1,650 (pemakaian unlimited)
  4. Untuk berlangganan 15 hari : Rp. 3,300 (pemakaian unlimited)
  5. Biaya untuk layanan magic call adalah Rp. 220/menit.

NB : Magic call hanya bisa digunakan sesama telkomsel & biaya di atas merupakan informasi tahun 2021 *sudah termasuk ppn*.

Bagaimana cara berhenti berlangganan?

Kita tinggal menggunakan kode *500*33# kembali untuk berhenti berlangganan pengubah suara magic call.

Apakah Bisa Menggunakan Layanan Ini Di Luar Indonesia?

Tidak. Meskipun kita menggunakan provider TELKOMSEL di luar negeri, tapi kita tidak bisa mengaktifasi layanan pengubah suara ini.


Kesimpulan

Meskipun layanan ini mengasikkan, tapi ingat ya jangan digunakan untuk melakukan tindak kriminal seperti contoh kejadian di atas. Karena kemudahan dan perkembangan teknologi sudah sepatutnya kita pergunakan untuk hal-hal positif.

So, buat kalian yang belum tahu akan info ini yuk bantu share artikel ini agar teman-teman kalian juga turut mengetahui informasi ini.

Regard's, Alex Sierra.

Referensi : www.telkomsel.com

Posting Komentar

0 Komentar