Mengenal Jujube, Kurma Merah Tiongkok Yang Banyak Manfaat

 Alex Sierra - Jujube adalah nama dari buah kurma merah tiongkok, jika di Indonesia akan lebih dikenal dengan sebutan “kurma cina”.

Jujube, Kurma Merah Tiongkok


Apa Itu Kurma Merah?

Kurma merah tiongkok atau angco adalah buah yang sekilas terlihat sangat mirip dengan buah kurma dari arab. Kurma cina ini biasanya lebih banyak digunakan sebagai penyedap kuliner khas tiongkok.

Tapi kenapa bisa disebut kurma cina ya? Sebenarnya buah ini tersebar di asia bagian selatan seperti :

  • Iran
  • Lebanon
  • Pakistan
  • India
  • Bangladesh
  • Nepal
  • Semenanjung Korea Selatan
  • China / Tiongkok

Namun buah ini lebih populer di tiongkok sebagai bahan penyedap kuliner ataupun sebagai ramuan kesehatan tradisional. Uniknya, buah ini hanya akan tumbuh pada musim gugur.


Manfaat Kurma Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh saat ini menjadi prioritas semua insan manusia, apalagi dizaman pandemi seperti ini. Tubuh akan dituntut selalu sehat, agar tidak mudah terserang penyakit ataupun virus.

Berikut adalah beberapa manfaat kurma merah :

1. Mengisi Unsur Qi Dalam Tubuh & Menutrisi Darah

Manfaat Buah Kurma Merah
Source photo : instagram.com/nicole_yognastics

Kurma merah, mengandung banyak karbohidrat dan terdapat senyawa saponin berjenis dammarane yang sangat mirip dengan ginseng. Kadungan itulah yang dikatakan sangat membantu dalam menguatkan Qi dalam tubuh.

Qi merupakan sebuah unsur dasar yang memiliki peran dalam memelihara aktivitas tubuh. Atau lebih ringkasnya adalah sebagai penggerak aktivitas organ dan jaringan tubuh.

Selain itu, jujube juga kaya akan vitamin, kalsium hingga zat besi yang bagus untuk menutrisi darah.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat jujube dalam kesehatan tubuh
Source photo : instagram.com/societecliniquefrancaise

Jujube mengandung serat yang dikatakan lebih besar daripada apel. Kandungan serat inilah yang membantu mempercepat pergerakan makanan di saluran pencernaan.

Selain itu, terdapat sebuah senyawa aktif yang dapat menjaga sistem pencernaan dari radang usus, infeksi, hingga melindungi dari tukak lambung.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat Buah Kurma Merah
Source photo : pexels/Andrea Piacquadio

Seperti yang kita ketahui, tidur yang sehat bukan dinilai dari kuantitas (berapa lama) melainkan kualitas. Kurma merah mengandung antioksidan flavonoid yang dipercaya dapat menenangkan pikiran dan menurunkan aktivitas saraf.

Khasiat ini sangat membantu orang yang mengalami insomnia karena stress dan kecemasan.

4. Melindungi Hati & Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jujube untuk kesehatan tubuh
Source photo : pexels/ Karolina Grabowska

Sebuah studi farmakologis menunjukan kurma cina mampu meningkatkan produksi sel darah putih & mencegah penumpukan lemak. Jujube juga terbukti dapat menjaga kesehatan jantung dengan cara mengurangi kadar kolestrol dan meningkatkan serum albumin.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah & Anti Penuaan

Manfaat buah kurma merah
Source photo : pexels/ Artem Podrez

Diabetes merupakan penyakit menakutkan yang membayang-bayangi masyarakat indonesia. Melalui sebuah penelitian, kurma merah dikatakan mengandung vitamin A yang mampu menyerap gula darah ke dalam sel tubuh.

Dari khasiat itulah kita dapat terhindar dari bahayanya diabetes. Selain itu, Jujube juga dikatakan kaya akan vitamin B yang berperan untuk meningkatkan sirkulasi darah, vitamin C sebagai pembentukan melanin & mencegah pigmentasi serta bintik-bintik penuaan.

Meskipun kurma merah mengandung banyak manfaat, namun bukan berarti bisa dikonsumsi tanpa batasan.

Kurma merah tidak boleh dikonsumsi, untuk beberapa alasan sebagai berikut :

  1. Tidak boleh makan buah yang mentah terlalu banyak. Lebih disarankan mengkonsumsi kurma merah di bawah 5 butir perhari, agar tidak menyebabkan diare dan kerusakan pada limpa.

  2. Jangan memakan jujube dengan timun & lobak, karena lobak mengandung enzim asam askorbat, dan mentimun mengandung enzim pengurai vitamin. Kedua enzim tersebut akan menghancurkan vitamin pada jujube.

  3. Tidak boleh dikonsumsi barengan hati hewani, karena Hati hewan kaya akan zat tembaga dan besi. Zat tersebut dapat dengan mudah mengoksidasi vitamin yang terkandung dalam makanan lain dan menghilangkan khasiat dari kurma merah.

  4. Hindari juga mengkonsumsi vitamin K sewaktu mengkonsumsi jujube, sebab vitamin dalam kurma merah dapat menghancurkan vitamin K tersebut serta mengurangi efek terapeutik.

Sebagai informasi tambahan, bagi wanita yang sedang dalam masa menstruasi sangat tidak diperbolehkan mengkonsumsi kurma merah. Sebab selama menstruasi, beberapa wanita akan mengalami pembengkakan pada mata atau kaki.

Buah kurma merah manis rasanya, jika dikonsumsi berlebihkan akan menimbulkan dahak dan air akan menumpuk di dalam tubuh. Hal itu akan membuat pembengkakan dalam tubuh lebih berbahaya.

Referensi Artikel Kurma Merah :

  1. https://id.wikipedia.org/
  2. https://zhuanlan.zhihu.com
  3. https://www.alodokter.com/

Posting Komentar

0 Komentar