The Le Hu Garden, Tempat Pelarian Hiruk Pikuk Kota Medan

Penat dengan hiruk pikuk kota medan? Rekreasi ke taman buatan yang ada di kota Medan The Le Hu Garden merupakan salah satu referensi terbaik saat ini.

The Le Hu Garden, Tempat Pelarian Hiruk Pikuk Kota Medan
Tempat wisata kekinian di Medan, Sumatera Utara 2019

The Le Hu Garden Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara


Akhir tahun kemana nih? Kayaknya liburan ke mall ga ada seru-serunya, apalagi mall di medan rata-rata sudah pernah kita singgahi. Ya gak sih? sebut aja Thamrin Plaza, Sun Plaza, Center Point, Plaza Medan Fair, dll.

Artikel TerkaitBandung , Kota Beribu Wisata Yang Instagramable

Sangat tidak mungkin kalau orang medan belum pernah ke mall yang saya sebutkan di atas. Nah, mungkin ada sih sebagian orang yang belum pernah menjajal ke mall, tapi percayalah rekreasi ke daerah-daerah tertentu lebih memberikan kesan spesial.

Salah satunya adalah taman buatan yang terletak di kelurahan patumbak, Kecamatan Deli tua, Medan, Sumatera Utara. Alamat lengkapnya saya tulis di bawah ini.

Lokasi
- Jln. Pendidikan, Deli Tua, Sumatera Utara.

Jam Operasional
- 10:00 s/d 18:00 WIB

Nomor Telepon
- +62813-9603-3188

Harga Tiket The Le Hu Garden
- Rp. 15,000 (Dapat Berubah Sewaktu-waktu)

Sedikit informasi yang saya rangkum, Taman ini bukanlah milik pemprov Sumut ataupun pihak swasta lainnya. Melainkan, taman ini adalah tanah milik perorangan yang bermarga HU dengan ukuran yang sangat luas.

Namun ada juga yang berpendapat kalau kata 'Le-hu' diambil dari nama salah satu desa di tarutung, yang sangat terjaga keasriannya. Oleh sebab itu, penamaan ini tidak semata-mata untuk branding, namun lebih ke'kesadaran manusia untuk menjaga keasrian alam.

Dikarenakan luasnya yang diperkirakan cukup untuk dijadikan lokasi wisata, maka dikembangkan dengan pelebaran wilayah, pembuatan danau & tambak, hingga taman bermain anak-anak.

Padahal, tujuan utama keluarga HU membangun danau tersebut adalah untuk menampung resapan air hujan yang dapat digunakan di musim kemarau. Namun pengelola melihat dengan adanya danau ini, malah dapat dikembangkan potensi wisata lainnya seperti wahana dayung air & sampan kecil.

The Le Hu Garden, Tempat Pelarian Hiruk Pikuk Kota Medan
Sampan yang merupakan wahana terbaik di taman 'Le-hu'



Wahana Yang Tersedia


Kalau berbicara mengenai rekreasi, pasti kita selalu memikirkan apa yang tersedia disana. Nah, di taman yang luas ini ada terdapat 3 wahana yang siap menemani liburan kita.

Diantaranya sepeda air yang berbentuk bebek seperti di danau toba, harganya cukup relatif murah dengan kisaran harga 20 ribu rupiah.

Setelah itu ada kolam pancing & pakan ikan. Kolam pancing ini menyediakan peralatan pancing yang telah dipersiapkan pengelola, jadi tidak perlu repot-repot membawa perlengkapan pancing ke sana.

Selanjutnya terdapat berbagai ayunan, perosotoan dan permainan anak kecil lainnya. Selain itu, tersedia pondok juga untuk berkumpul dengan keluarga atau rombongan dengan harga 50 ribu rupiah.

Hal Yang Tidak Diperbolehkan


The Le Hu Garden, Tempat Pelarian Hiruk Pikuk Kota Medan
Restoran / kantin yang disediakan di taman 'le hu'

Tentu saja setiap lokasi wisata mempunyai beberapa hal yang dilarang oleh para pengelola. Di taman ini, para pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan ataupun minuman dari luar.

Tentu bukan hal yang mengejutkan karena salah satu faktor utama adalah para pengelola tidak ingin kerepotan dengan sampah yang tidak terkira. Namun bukan berarti para pengelola tidak memikirkan akses untuk mengisi perut di lokasi ini.

Terdapat sebuah kantin / warung makan di tengah-tengah kolam, tenang saja harganya murah-murah kok. Harga makan di medan tidak mahal-mahal deh pokoknya.

Nah, ada juga sebuah pergunjingan yang sebenarnya sedikit menggoyang perasaan. Melihat review dari google, ternyata di lokasi ini tidak memperbolehkan membawa kamera Mirrorless / DSLR.

The Le Hu Garden, Tempat Pelarian Hiruk Pikuk Kota Medan
Salah satu review pengunjung di taman le hu

Kalau dilihat dari balasan si pengelola, terlihat mereka mengijinkan menggunakan kamera tersebut. Namun tetap harus mengikuti ketentuan yang berlaku yakni membeli paket photo lokasi.

Meskipun harganya murah, namun hal itu malah membuat citra yang buruk? ya gak sih?

Padahal nih ya, banyak blogger ataupun website-website yang benar-benar merekomendasikan lokasi ini sebagai lokasi dengan spot foto yang instagramable. Nah, semoga pemilik atau pengelola bisa merubah kebijakannya ya.

The Le Hu Garden, Tempat Pelarian Hiruk Pikuk Kota Medan
Source : instagram/off_marketing_thelehugarden

Cara Pergi Ke Lokasi


Kalau ada yang bertanya angkot ke the le hu garden, maaf saya juga tidak tahu. Untuk pergi kesana mungkin bisa mencoba aplikasi transportasi Grab / Go-car.

Namun bila kalian pergi berombongan atau barengan keluarga, bisa melewati daerah Istana Maimun. Dari istana, kalian tinggal lurus saja menuju arah deli tua. Nah, ketika sampai di perempatan jalan sibiru-biru belok ke kiri untuk masuk ke jalan pendidikan.

Setelah anda sampai dijalan pendidikan, akan ditemukan pertigaan dimana anda harus mengambil jalur kiri untuk menemukan sekolah SMA Negeri 1, Deli tua.

Lokasi taman ini dekat dengan sekolah ini, anda tinggal mengikuti petunjuk yang tersedia. Memang sih agak sedikit bingung bila kalian yang dari luar kota medan ingin menyinggahi lokasi ini.

Namun, anda bisa menggunakan jasa travel yang terkenal di Medan seperti SEINDO TRAVEL. Atau anda bisa mencari informasi melalui youtube.

The Le Hu Garden, Tempat Pelarian Hiruk Pikuk Kota Medan
Salah satu spot foto terbaik di taman 'Le-hu'

Terima kasih telah membaca ulasan ini,
Jalan-jalanlah sebelum jalan-jalan itu dilarang.
Salam Travel, Alex Sierra.

Posting Komentar

0 Komentar