Fungsi Hashtag Instagram Serta Pengaruhnya Pada Bisnis

Fungsi Hashtag Instagram Pada Bisnis


Hashtag atau tagar merupakan komponen penting dalam dunia instagram, apalagi difungsikan dalam bisnis. Ibarat dalam strategi marketing jika tidak menerapkan konsep yang benar maka akan berpengaruh negatif terhadap bisnis itu sendiri.

Baca Juga :

Pengertian Hashtag Atau Tagar (#)


Hashtag artinya sebuah kata kunci tanpa spasi (Keyword without space). Pernah tidak kalian mencari sesuatu di google menggunakan kata kunci tertentu? Contoh kalian ingin membeli motor second murah melalui google, tentu Keyword yang kalian pakai adalah "Jual Motor Second Murah" atau "Motor Murah Second *Daerah Tertentu*".

Sebelumnya Hashtag pertama sekali digunakan pada tahun 2007 di platform Twitter oleh Chris Messina, seorang web marketing spesialis Twitter (Informasi dari situs https://glints.com). Setelah hashtag banyak menuai pujian, beberapa platform seperti Instagram, facebook & youtube semua menggunakan hashtag untuk kehidupan bersosial media yang lebih terarah & luas.

Dulu sebelum paham cara kerja hashtag, bagi saya menggunakan tanda pagar tersebut adalah untuk mengekspresikan diri dengan mencolok. Kenapa? karena tulisan yang menggunakan tagar akan kelihatan lebih terang dibandingkan tulisan normal.

Sebut saja saat sedang pergi makan bareng teman di luar, dan satu kesempatan melakukan selfie ataupun berfoto bersama teman dan akan di upload ke instagram. Dalam foto tentu kita akan menyertakan berbagai Hashtag biar kelihatan keren.

Nah untuk penggunaan pribadi tentu saya juga tidak mementingkan apa kata yang harus di pakai untuk hashtag, karena jelas tujuan saya dulu hanya untuk gaya-gayaan. Contoh mengupload foto makanan cepat saji Pizza dengan caption yang terlihat kalem tetapi menggunakan hashtag #anakkampungbelajarmakanpizza atau #merasakanmakananmahalsekali-kali, Lol.

Aneh bukan? itulah dulu saya sebelum mengerti dan kenal dengan tujuannya kode pagar yang dinamakan tagar.

Fungsi Tagar Pada Instagram


Penggunaan kata kunci tanpa spasi ini merupakan terobosan yang sangat jenius menurut saya. Simple saja, ketika kita menggunakan tanda pagar tersebut kita akan terhubung dalam suatu forum khusus yang beralgoritma sama.

Semisal kita menggunakan tagar #januari2021, maka seluruh umat manusia yang turut mengupload tagar tersebut akan diarahkan ke satu forum yang sama.

Fungsi Hashtag Instagram Serta Pengaruhnya Pada Bisnis

Contohnya seperti gambar disamping ini, saya melakukan searching tagar #januari2021, dan dapat kita lihat bersama postingan dengan tagar tersebut mencapai 5000+.

Artinya dalam dunia ini yang bermain instagram telah mengupload foto dengan tagar tersebut kurang lebih 5000 kali. 

dan jika anda klik tagar tersebut akan dimunculkan berbagai foto yang telah diupload dalam konteks tersebut.

Jadi bisa disimpulkan bahwa cara kerja hashtag di instagram adalah untuk mengumpulkan atau memfolderkan foto dalam satu bingkai universal.

Namun ada yang perlu kalian catat, agar penelusuran orang lain bisa menjumpai postingan dengan hashtag tersebut, postingan haruslah bersifat publik / tidak tertutup.






Tidak sampai disana, ketika kita telah mengklik tagar yang ingin kita lihat, maka akan diperlihatkan lagi terbagi dua pilihan antara populer dan terbaru. Maksud dari postingan hashtag populer adalah Postingan dengan tagar tersebut mendapatkan banyak Like.

Sedangkan yang terbaru adalah postingan paling terupdate dengan tagar yang bersangkutan. fungsi hashtag di facebook (fb) & twitter juga sama beserta pengkategoriannya.

Selain itu, apakah kalian melihat tombol "Follow" pada tagar tersebut? Yah benar jika kita menyukai atau sedang ingin banyak tahu tentang satu kegiatan, maka dengan memfollow hashtag tersebut kita akan banyak mendapatkan informasi terupdate dari tagar tersebut.

Saya juga berpikir bahwa saat ini instagram merupakan tempat atau platform yang paling banyak melakukan #giveaway. Nah, sadarkah kita mengapa selama ini kita hanya mengetahui informasi give away tersebut hanya dari postingan share kerabat atau orang yang kita kenal saja.

Mengapa mereka bisa dengan lenggangnya dan cepat mendapat informasi tentang #giveaway? Nah kini kita tahu bahwa dengan memfollow Hashtag tersebut, kita tidak akan ketinggalan informasi terkini dari tagar tersebut.

Selama ini saya pribadi juga hanya follow akun-akun selebgram, akun sports seperti klub basket ataupun sepakbola dan memfollow beberapa teman dan kerabat yang saya kenal saja.

Sejak mengenal fungsi follow hashtag instagram, saya lebih paham tata cara menjalankan strategi marketing di instagram. 

Pengaruh Hashtag Instagram Sebagai Pendongkrak Bisnis




Mengapa saya sebutkan penggunaan hashtag juga sangat berpengaruh pada bisnis? pernah saya temukan beberapa UMKM (Usaha Mikro Kecil & Menengah) yang sedang bergelut di dunia instagram menggunakan hashtag yang tidak relevant dengan produk yang dijual.

Bahkan bila saya adalah seorang yang awam, saya akan menilai postingan produk yang tidak sesuai dengan produknya atau lebih kasarnya 'Tidak Profesional'.


Research (riset) Hashtag Instagram Untuk Bisnis


Untuk teman-teman pembaca, sebelum kita membuat hashtag, tentu kita harus melakukan riset terlebih dahulu. Bagaimana caranya? kita bisa mengintip hashtag yang dipakai oleh beberapa Selebgram Endorse produk sejenis ataupun langsung cek toko sebelah.

Caranya sama, ketika kita mencari Hashtag kita akan melihat berapa banyak postingan yang telah dipakai dengan tagar tersebut. Namun tidak ada salahnya jika kita menggunakan Hashtag yang sedikit pemakai atau volume agar terlihat lebih unik dari kompetitor.

Contoh kita sebut saja #bobabrownsugar yang sedang saya fokuskan untuk postingan produk saya agar dapat di lihat oleh semua orang, ketika saya mengketikkan keyword hashtag tersebut akan diperlihatkan beberapa keyword turunan / kata kunci sejenis dan kita juga bisa melihat volume postingannya.

Semisal #bobabrownsugarmilk merupakan turunan dari #bobabrownsugar, dari sini kita bisa melihat volume postingan kedua tagar tersebut. Mengapa tagar dengan kata panjang relatif sedikit postingan? karena kita akan bertanya pada diri sendiri , apakah kita mau mencari suatu produk dengan keterangan yang begitu panjangnya? 

Maka dari itu sobat pembaca, saya rasa kita semua telah tahu cara mengoptimalkan hashtag di instagram

So, jika artikel ini membantu, jangan lupa bantu saya untuk membagikan artikel ini pada kanal media sosial kalian yah, Semoga Sukses semuanya.

Posting Komentar

0 Komentar